Gotong Royong Pasca Bencana, BSMI Rambah Pustu

Gotong Royong Pendirian Tenda Tambahan

Senayan - Antusiasme dan semangat gotong royong tampak saat proses perbaikan sebuah Puskesmas Pembantu (Pustu) Sementara yang terletak di Dusun Jembatan Kemar, Desa Senayan, Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat. Kegiatan yang dilaksanakan oleh relawan BSMI Sumbawa Barat, petugas Pustu Senayan dan masyarakat pada Ahad, 7 Oktober 2018 adalah tindak lanjut dari proses pengoptimalan pelayanan pasca bencana gempa bumi yang melanda Sumbawa pada 19 Agustus lalu dan berdampak tidak dapat difungsikannya bangunan Pustu Senayan.

Pustu Senayan adalah salah satu pusat penggerak pelayanan kesehatan yang berada di Desa Senayan dengan melayani 3 dusun, yakni Dusun Senayan Bawah, Dusun Senayan Atas dan Dusun Jembatan Kemar. Pustu Senayan merupakan bagian dari UPTD Puskesmas Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat yang menjadi salah satu Pustu terdampak cukup parah. "Setiap hari ada minimal 10 orang yang berkunjung atau kita kunjungi baik untuk kunjungan sehat maupun sakit. Terutama setelah gempa, kunjungan tidak berhenti. Meskipun masyarakat tahu kalau bangunan Pustu rusak, tapi tetap datang dan minta dikunjungi bahkan dari dusun di luar wilayah kami. Jumlah pasien sendiri sudah lebih dari 500 orang yang dilayani. Kita sementara ya pelayanan dan aktivitas rumah tangga di bawah tenda darurat ini jadi satu." ucap  Ns. Septian Adi Kusuma, S. Kep., petugas Pustu Senayan.


Desa Senayan sendiri merupakan wilayah yang menjadi zona tujuan untuk rangkaian kegiatan Mobile Clinis, Trauma Healing dan Distribusi Bantuan BSMI Sumbawa Barat dan merupakan salah satu wilayah terdampak cukup parah. Relawan BSMI, drg. Hanif yang juga Sekjend BSMI Sumbawa Barat mewakili Ketua Umum menyampaikan, " Untuk bangkit kembali pasca bencana itu sangat perlu dukungan semua pihak. BSMI InsyaAllah akan bantu, maka ini kita sama-sama gotong royong menambahkan satu tenda lagi untuk pelayanan. Rencana kedepan ini akan  menjadi POSKO Bersama juga sehingga memudahkan menjangkau dan menganalisa kebutuhan masyarakat selama proses pemulihan pasca bencana."

Usai kegiatan gotong royong, BSMI kembali mendistribusikan bantuan untuk korban gempa. Komitmen untuk mengawal proses pemulihan pasca bencana gempa bumi di Sumbawa Barat terus ditunjukkan BSMI diantaranya dengan turut bergerak untuk menghidupkan kembali pelayanan mandiri di wilayah setempat dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada dan tetap bersinergi lintas sektoral. (nsw)

Pustu Senayan yang tidak layak huni lagi

Pelayanan  tetap berjalan di Pustu Sementara

Distribusi Bantuan pada Korban Gempa Bumi
Sinergi Pustu Senayan dan BSMI Sumbawa Barat

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

BSMI NTB

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.